Oleh: uun nurcahyanti | Desember 1, 2011

Perjalanan Nan Terjal


Menemani perjalanan S’TORY 2 satu bulan terakhir ini, terasa begitu mengharu birukan perasaan. Sangat emosional dan menyita banyak ruang hikmah. Beberapa kali kehilangan dalam 3 bulan terakhir dengan nilai hikmah yang minim dirangkai oleh para pengukir sejarahnya bagai pukulan telak yang menggoyahkan keyakinan dan mengerus kepercayaan.Bangunan sejarah dan budaya yang panjang dari sebuah ruang yang bernama S’TORY 2 seakan mengabur dan menawarkan keeping-keping puing.

Konstruksi sistem kekeluargaan yang seharusnya menimbulkan kesadaran berkomunitas secara santun dan erat ternyata tak mampu mengatasi masalah komunal yang tengah melandanya, menggoyahkan eksistensinya. Ketulusan u ntuk berbagi hati dengan sepenuh jiwa dalam menyelesaikan persoalan selapis demi selapis terbendung oleh api keangkuhan dan percik-percik kesombongan demi pembuktian nama baik semata

Hidup dan segala persoalannya yang semestinya merupakan bahan baku utama dalam memahat kualitas kemanusiaan dan mengasah ketajaman mata batin setiap manusia seakan menjadi hal remeh yang secara gampang dibiarkan berlalu begitu saja tanpa hikmah dahsyat yang terpetik.
Dunia ini memang panggung sandiwara yang disutradai secara sempurna oleh Sang Penulis novel-novel kehidupan. Hal yang paling utama dari sebuah komunitas adalah kualitas dan persoalan kualitas diri para individu penopang komunitas yang bersangkutan, bukan nama yang menaungi komunitas yang bersangkutan semata.

Nama atau sebuah brand bisa berkembang hebat dan menceritakan sejarah hebatnya sendiri bila didalamnya ditopang oleh orang-orang tangguh yang terkonstruksi secara prograsif dan berkesinambungan. Saat brand tersebut besar bukan berarti ia berhenti menuliskan ceritanya, dan bukan berarti pula individu-individu yang ada di dalamnya tak perlu lagi bergerak signifikan untuk memajukan kualitas dirinya. Disnilah pelajaran tentang tanggung jawab komunal dalam menjaga komunitas dan nama seyogyanya ditunaikan.

Kualitas dan pelajaran hidup bagi para individu yang menopang nama komunitas adalah target utama kemajuan hidupnya sebuah peradaban dalam suatu komunitas, bukan semata-mata nama alias merek komunitasnya saja.

S’TORY 2 hanyalah nama,memang. Namun dalam nama itu terkandung banyak sekali doa, ia telah mengalami begitu banyak luka demi tetap ada di jalur kehidupan sejarahnya. Ada banyak cerita hebat dan inspiratif yang menemani perjalanan bangun ruang ini. Ada banyak manusia cerdas dan luar biasa yang telah lahir dari rahimnya.Dan seyogyanya tak boleh ada keangkuhan dan kesombongan yang merelakan hilangnya api sejarah itu dari Bumi SMART!

Semangat dan kesadaran ini rupanya masih menjadi kuncup-kuncup bunga semata. Ketulusan untuk tetap mempertahankan hal baik yang diinginkan menjadi kalah telak dengan kepentingan-kepentingan belajar Bahasa Inggris semata, atau mungkin kepentingan pribadi lainnya. Persahabatan tak lagi berarti, karena kesibukan belajar ilmu bahasa pada akhirnya melalaikan keikhlasan untuk belajar ilmu Tuhan dan ilmu kehidupan. Dua ilmu pengetahuan yang sebenar-benarnya ilmu.

Semoga dobrakan ini mampu memekarkan kuncup-kuncup nurani seluruh individu yang pernah menghuni S’TORY 2 dan mengharumi kehidupan dan masa depan segenap mereka. Karena yang terpenting dalam hidup adalah menghidupkan kualitas individual para sosok-sosok manusia yang menopang kehidupan, bukan mempertahankan mereknya semata.

Pare, Tahun Baru Hijriah di tahun 2011


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: