Oleh: uun nurcahyanti | Agustus 5, 2011

Pengalaman Adalah Keajaiban


Sebuah perjalanan dari episode Ramadhan tahun lalu…
by Uun Nurcahyanti on Wednesday, November 3, 2010 at 3:31pm

Pertengahan Ramadhan 2010, kami mendapat kado yang sangat istimewa, data lembaga kami tersebar di kalangan teman-teman siswa. Data-data mulai dari LPJ hingga data yang menjadi nafas hidup kami yaitu soal-soal Placement Test mulai dari awal lembaga kami berdiri hingga soal-soal Placement Test tahun 2007,lengkap dengan desain lembar jawaban dan sekaligus kunci jawabannya.

Kado yang membuat seluruh team terhenyak dalam rasa sakit yang tak mampu terungkapkan, bahkan airmata pun terasa sangat berat untuk menetes keluar meski mata sudah sangat sembab. Amarah pun hanya menyesak di dalam nurani dan tak hendak berbuncah keluar. Lembaga mana pun di komunitas ini tahu bahwa Placement Test adalah desah nafas SMART, lepas dari sepakat atau tidak sepakat dengan sistem yang kami bangun ini,tentunya sangat tidak elegan bila kita membongkar dapur orang lain dan disebarkan kepada calon peserta didik yang hendak berjuang masuk ke dalam lembaga pendidikan kami.

Persoalan ini kami jadikan bahan evaluasi luar biasa bagi seluruh team yang kurang bisa menjaga kerahasiaan data. Kekurangan kami dalam penguasaan tehnologi informasi adalah salah satu celah mengapa kondisi ini bisa terjadi dan kami sangat menghormati alibi bahwa data tersebut terunduh dari internet sehingga memang tidak ada jejak yang jelas untuk mengusutnya.

Sayangnya, dari seorang siswa yang kebetulan mengetahui masalah ini karena pernah ditawari soal untuk Placement Test ke salah satu program kami, terungkap bahwa data tersebut memang sengaja disebarkan kepada calon siswa yang berminat mengikuti program-program kami. Hal ini dilakukan agar mata kami terbuka bahwa lembaga tersebut lebih baik karena siswa mereka secara signifikan selalu lolos ke levelitas yang lebih tinggi di lembaga kami. Subhanalloh..sungguh niatan mulia yang seharusnya ditempuh dengan jalan mulia yaitu pendampingan yang intensif agar niatan tersebut tercapai dan siswa dapat belajar bagaimana indahnya belajar dan berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka, bukan diberi jalan pintas yang berpotensi mematikan karakter mulia para pembelajar tersebut.

Bagi kami, Placement Test adalah ajang untuk mengasah karya dan cipta dalam mengukur kapasitas diri dan kompetensi kami dalam masing-masing program yang kami geluti,sebagai tolok ukur evaluasi kinerja yang tengah kami jalani dan sebagai ajang para siswa untuk mengukur kompetensi dirinya, dan mengasah ketajaman karakter perjuangannya dalam belajar.Kami menyelenggarakan Placement Test bukan karena kami merasa yang terbaik, insyaalloh kami sangat jauh dari niatan tersebut. Betapa kami sangat bangga bila banyak lembaga pendidikan kursus berkualitas tinggi di wilayah Pare ini. Kata Mr Kalen Osen, founding father pendidikan bahasa Inggris di Pare, jangan berhenti ngursus ( memberi kursus ) karena ini adalah karya nyata untuk bangsa dan kita bertanggung jawab untuk terlibat dalam proses pencerdasan anak bangsa. Kata-kata beliau ini yang tak henti menyertai kami saat mencelupkan diri di dunia pendidikan luar sekolah.

Dalam tata kehidupan bermasyarakat manapun, kita senantiasa dituntut untuk menghormati dan menghargai hak individual orang lain. Boleh kita beralibi seperti apapun tapi bila berniat untuk menyebarkan rahasia, apalagi hal tersebut adalah rahasia suatu lembaga atau institusi lain,alangkah tidak eloknya keputusan yang diambil tersebut.

Untuk sahabat-sahabat kami para alumni SMART International Language College yang sungguh sangat kami hormati dan banggakan..sahabat semua adalah orang-orang yang senantiasa hidup dalam setiap doa-doa kami, meski tak banyak yang kami persembahkan demi titian sahabat semua untuk meraih masa depan,kami selalu berharap rajutan kecil itu mampu memberi arti bagi sahabat semua. Kami sungguh memohon bila sekiranya ada informasi yang seyogyanya kami tahu lebih awal dan hal yang sebenar-benarnya,jangan enggan untuk memberitahukan kebenaran tersebut.

Sahabat, tugas utama kita di dunia adalah menyampaikan kebenaran dan tentunya kita berharap kita ada di barisan para pewarta kebenaran. Memang kebenaran itu bisa jadi akan menyakitkan,namun bila kita menjadi orang terakhir yang tahu kebenaran yang seharusnya menjadi hak kita untuk tahu,sungguh itu pasti terasa lebih memedihkan.

Apapun, terima kasih kepada banyak pihak yang telah terlibat dalam skenario alam tersebut demi memberi pengalaman berharga ini kepada kami semua. Semoga sekelumit kisah ini memberi mampu memberi hikmah, meski mungkin tak dalam.Karena pengalaman adalah keajaiban. _Uun Nurcahyanti__


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: