Oleh: uun nurcahyanti | Juli 26, 2011

Selamat Datang Di Kota Serambi Mekah


Hari selasa pagi tanggal 7 Desember 2010 rombongan team Breaktrough meninggalkan kota Pare Jawa Timur menuju kota yang bernama Padang Panjang yang terletak di wilayah barat Indonesia tepatnya di Provinsi Sumatra Barat. Suatu perjalanan yang pasti akan membawa banyak pengalaman baru dengan aroma persahabatan yang akan sangat mungkin mengumpal karena sebagian besar dari komponen team adalah orang-orang yang belum saling berikatan hati.

Saya pribadi berangkat dengan separuh hati. Meninggalkan team SMART yang masih terluka karena cidera masalah eksternal dan beberapa tanggung jawab penting yang belum seluruhnya tuntas tentu membawa kegamangan tersendiri yang berpotensi menciderai keprofesionalan dalam mempersembahkan suatu pengabdian. Namun, apapun kondisinya, kepingan-kepingan itu harus dibawa pergi dan.. separuh nafas itu tetap tertinggal di SMART. Sepenuhnya saya meyakini bahwa takdirlah yang membawa saya ke Padang Panjang dan Sang Pemilik takdir pasti menyiapkan bermilyar hikmah untuk saya reguk nantinya.

Petang telah turun saat kaki kami menginjak bagian bumi pertiwi yang bernama kota Padang. Langit tampak begitu cerah seakan menyambut kami tuk berbagi ceria. Dan perjalanan menuju Padang Panjang adalah agenda berikutnya, sementara penat telah mulai menyapa kami dan kantuk pun berlarian menyergap.

Tidur dalam suatu perjalanan yang sama sekali baru bukanlah kebiasaan saya. Sangat sayang membiarkan momen-momen pertama percintaan mata dan visualitas di depannya,namun kondisi hati yang ampang dan kegelapan yang mulai erat meyelimuti alam sangat menggoda mata untuk segera terpejam.

Saat tinggal sekejap sang mata hendak terpejam, sederetan tulisan tertangkap olehnya: SELAMAT DATANG DI KOTA SERAMBI MEKAH. Dan detik itu juga rasa kantuk menguap entah kemana..menyisakan pertanyaan besar yang mengisi ruang hati dan pikiran saya, mengapa serambi mekah? Bukankah itu adalah julukan untuk wilayah paling barat Indonesia yaitu Aceh sementara kami sekarang ada di wilayah Padang Sumatera Barat?

Tampaknya pertanyaan pertama inilah yang mengalirkan denyut kehidupan saya di Padang Panjang . Aliran darah mulai terasa bermuatan gairah dan petualangan untuk mencari jawabannya bagai energi dahsyat yang menajamkan seluruh indra…dan saya bertekad untuk mencari jawabannya!

Hari-hari berikutnya adalah petualangan seru untuk memperoleh jawaban. Setelah bertanya sana-sini dengan orang-orang yang hangat disekitar kami dan membuka beberapa referensi, akhirnya jawaban itu justru saya dapatkan dalam majalah milik seorang sahabat yang tanpa sengaja terbawa, yaitu majalah tematik Eramuslim Digest edisi koleksi 11 yang tema utamanya mengupas tentang Kebesaran Aceh Darussalam. Pada gambar peta di halaman 101 tampak jelas bahwa pada tahun 1524 daerah pesisir barat pulau Sumatera hingga daerah timur kabupaten Muke-muke merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Aceh. Dan pada tahun 1808 wilayah kesultanan ini melebar hingga wilayah Riau pada saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Subhanalloh…Ya Rabb..ternyata tanah ini adalah Serambi Mekah,tanah kelahiran para pejuang bangsaku..!

(Lima tahun yang lalu saya merajut mimpi untuk keliling Indonesia demi mengenal Tanah Tumpah Darah saya,Indonesia. Menyibak semak belukarnya,mengenal keagungan dan kebesaran..nya. Menapaki jejak para pejuangnya..

Dan saat ini secara ajaib saya telah berdiri di Ranah Minang, satu wilayah di Kesultanan Aceh Darussalam..tanah tempat kelahiran para ulama pejuang, tanah kelahiran para pujangga dan sastrawan yang buku-bukunya menemani atmosfer masa kecil saya,,tanah kelahiran para pejuang pendidikan..subhanalloh..

: Kepingan pertama mimpi itu telah diberikan Tuhan untuk saya..)

Masihkah ada kegamangan untuk bermimpi,sahabat..

Padang Panjang, 8 Desember 2010


Tinggalkan Balasan

Kategori

