Oleh: uun nurcahyanti | Juli 22, 2011

Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang


Awal tahun 2010, sebuah stasiun televisi swasta menayangkan informasi bernilai sejarah yang luar biasa bagi saya,yaitu tentang sebuah pondok pesantren khusus perempuan pertama di Indonesia yang didirikan pada saat Indonesia belum merdeka. Tepatnya tanggal 1 November 1923. Tanggal ini melekat dalam benak saya karena saya juga terlahir di bulan November.
Hal lain yang menarik adalah bahwa pendirinya adalah seorang perempuan. Beliau adalah perempuan pertama yang diterima di Universitas Al-Azhar, Mesir, sehingga membuka peluang bagi para perempuan generasi-generasi berikutnya untuk menjadi mahasiswa di universitas tersebut. Hal yang paling menarik adalah bahwa lembaga pendidikan yang beliau rintis tersebut masih kukuh berdiri hingga saat ini..subhanalloh..
Tayangan tersebut benar-benar memukau dan menyita seluruh perhatian saya karena informasi tersebut benar-benar baru bagi saya. Nama beliau pun belum pernah mampir di wilayah pendengaran saya: Rahmah El Yunusiyah.
Wajah ibunda Rahmah El Yunusiyah yang muncul dalam tayangan tersebut juga merpakan wajah yang masih asing bagi saya, tapi wajah dengan model berjilbab yang juga terasa asing , yang kelak saya kenal sebagai kerudung lilit , tersebut dengan segera melekat dalam ruang benak saya. Demikian juga dengan bangunan asrama dan sekolah yang beliau dirikan
Di sela ketakjuban tadi, muncul tanya yang membuncah: mengapa saya tak mengenal perempuan hebat ini? Mengapa nama beliau tidak pernah muncul sebagai sosok pahlawan dalam buku-buku pelajaran sejarah saat saya sekolah dulu padahal jejak sejarah yang beliau tinggalkan begitu nyata dan tak lekang dimakan zaman..?
Ada rasa penasaran yang belum menemukan muara jawaban yang memuaskan.
Setelah berdiskusi dengan suami, kami bersepakat untuk memasukan tempat ini sebagai salah satu tempat yang kelak akan kami kunjungi. Suatu institusi pendidikan yang pernah menjadi salah satu base camp perjuangan dalam meraih kemerdekaan. Institusi yang masih kokoh berdiri tapi tidak banyak dikenal oleh kebanyakan masyarakat bangsa ini. Ada rasa pilu menyertai segala tanda tanya yang terukir dalam hati saya..
Pertengahan tahun 2010, menjelang shalat Jum’at, saya kedatangan dua orang tamu. Yang pertama adalah sahabat saya, Umi Farida Rinti Zaenal, dan yang kedua memperkenalkan dirinya sebagai Bu Zizi dan ini adalah kali pertama kami berjumpa. Sosok kedua ini lantas menawari saya untuk berbagi ilmu selama satu bulan di sekolah yang beliau pimpin: PERGURUAN DINIYYAH PUTRI PADANG PANJANG.
Beliau berharap saya membantu pembentukan English area di institusi yang beliau pimpin. Dan saya akan berangkat bersama orang-orang hebat yang telah sangat saya kenal namanya tapi beberapa diantaranya belum saya kenal secara pribadi,yaitu: ms. Dina,ms.Septin, dan ms. Indah dari Daffodills;mr. Toto dan mr. Ocan dari Global-e. Setelah berdiskusi beberapa saat, tawaran tersebut saya terima. Bismillah..dalam hati saya berdoa semoga pada kesempatan ini saya bisa mengunjungipesantren yang pernah muncul dalam tayangan televisi beberapa bulan sebelumnya itu karena saya akan pergi ke wilayah Padang!
Sepenuh hati saya berharap..
Ketika kedua tamu saya ini berpamitan, Bu Zizi menyodorkan kartu nama beliau. Sepintas lalu saya melihat kartu nama tersebut…dan mata saya lansung terbelalak!
Oh my goodness..dalam kartu nama tersebut terdapat gambar bangunan institusi yang beliau pimpin. Dan gambar tersebut adalah gambaryang sungguh sudah tidak asing lagi bagi saya. Subhanalloh..
(Sahabat,, Perguruan Diniyyah Putri Padang Pang ini adalah lembaga pendidikan yang didirikan oleh Ibunda rahmah El Yunusiyah..)
Sahabat, tertariklah akan sesuatu ..dan biarkan ketertarikan itu membawamu pada rajutan-rajutan takdirmu..

Pare, awal Agustus 2010
Uun Nurcahyanti


Tinggalkan Balasan

Kategori

